Wednesday, June 22, 2005

Hari Pertama kirim pesen.

Wah,, rasanya plong banget bisa bikin blog, dari kemaren susah banget masuknya. Alhamdulilah hari ini aku bisa masuk dan kirim. Mudah-mudahan lancar deh.

5 comments:

pakdhe karto said...

Assalaamualikum Mas Ali Rahmat, sebelumnya saya mau ucapkan setinggi-tinggi tahniah karena sampeyan berhasil bikin blog ini. Saya dari Kuala Lumpur, ibukotanya Malaysia, negara tangga terdekat Indonesia. Kalau sampeyan ijinkan, saya mampir ini bertujuan pengin gabung, kenalan dan tukar-tukar pendapat apa adanya. Sebagai mengenalkan diri, saya ini seorang pria lanjut usia, mantan abdi negeri yang kira-kira udah delapan tahun pensionan. Dalam usia saya hampir 64 tahun begini, barusan ini saya dikenalkan anak saya dengan hobi surfing di internet, termasuk blogging. Kaya sampeyan, saya ya pengin banget bikin blog sendiri, tetapi penginnya kok mau ngupaya blog dalam bahasa Jawa, bahasa leluhur saya. Mengapa tidak, saya sempet mbatin. Saya sedar bahawa bahasa Jawanya orang Jawa Malaysia (JAMAL?)itu mungkin saja tidak bisa difahami saudara-saudaranya di Jawapwida. Ini satu harapan Mas, belum kenyataan lagi. Sementara itu saya mengharapkan sampeyan lebih sering menulis dalam bahasa Jawa. Saya seneng dengan kesederhanaan bahasa Jawa sampeyan. Alhamdulillah saya bisa mudheng karena saya punya sebuah kamus Jawa yang boleh dijadikan referensi. Memang bisa lelah karena (buat saya) banyak kalimat-kalimat yang saya tidak tau maka saya perlu buka kamus. Tapi saya puas. Sekali lagi tahniah Mas ya! Semoga sukses.

Ali Rahmat said...

Walaikum salam Wr.Wb.
Wah saya bangga dengan Bapak. Meskipun Bapak sudah berusia cukup lanjut (mungkin seumuran Bapakku) tapi senang dengan surfing internet. Bagus Pak supaya hari-hari nggak membosankan. Tadinya aku bikin blog cuma iseng-iseng, tapi lama-lama ketagihan juga surfing2 internet.

Bapak Jawanya mana ya? Kalau aku asli Banyumas Pak. Makanya bahasanya ya Banyumas gel. Lha kalau Bapak juga dari Banyumas, gabung aja ke mailing list (milis) banyumas di Yahoogroups.com

Bapak namanya siapa ya?
Kalau Bapak gabung di milis Banyumas, wah dijamin sering senyum-senyum mbaca komentarnya temen-temen di milis pake bahasa jawa banyumasan.

Monggo Pak,,,,,,,,

pakdhe karto said...

Makasih Mas Ali sampeyan sudi menyempetkan diri dibuat nyauri tulisan saya kemaren. Wah seneng sekali saya dikasih tau bahwa saya seumuran Ramane sampeyan. Kalo gitu, buat sampeyan bisa saja saya ini dicheluk Pakdhe atau Paklik, iya kan? Makanya bila pulang kampung lagi nanti, tolonglah sampaikan sembah salam saya, Muhamad Dom bin Karto, seorang saudara dari Malaysia kepada Rama sampeyan ya! Pengin kenalan gitu..

Almarhum bapak saya sendiri, Karto bin Tirta Kastam, asal desa Blaru, Pati, dan Ibu nama Marsiti, asal Desa Kali Pucang, Jepara. Adik beradik sembilan orang semuanya kelairan Tanah Melayu/Malaysia. Jadi kita-kita ini Jawanya bisa aja Jawa Malaysia. Begitu juga dengan banyak 'anak-anak Jawa' lain, yang ibu bapa mereka asal Jawanya bisa aja dari mana-mana daerah di Pulau Jawa. Malangnya banyak antara mereka ini yang udah tidak dapat mengesan di mana asal usul mereka di Jawa.

Kalo sampeyan, identitinya kan jelas: sampeyan orang Jawa Banyumas, a Javanese gentleman, yang masih kental keBanyumasannya kalau sampeyan mau milih. Lihat saja saat-saat sampeyan padha srekal-srekalan sama Mbekayu Nur(yang ini mesti saya sebut dulu Mas...harus! Heh..Heh..Heh!), Mas WEID dan temen-temen lain dalam Banyumas Yahoo-Group. Saking kentalnya loghat Banyumas yang digunakan di situ, sampe sering saya mumet membacanya.

Ya Mas, untuk saya yang bahasa bendinannya ialah Bahasa Melayu (Malaysia), sampeyan coba bayangkan sendiri berapa sulitnya untuk memahami loghat-loghat yang digunakan di Pulau Jawa.

Iya ya, sekedar pengin tau Mas ya, kalau sampeyan sekang Banyumas berkunjung nganah ke Banyuwangi, dan di situ mestinya berbicara sama orang setempat: loghatnya sapa yang di pake? Make loghatnya sendiri-sendiri, atau salah seorang mrsti mengalah gitu?

Tapi yang penting buat diri saya Mas, saya menggemari Group Banyumas karena saya bisa terhibur (ya bener, percaya tak percaya, orang sabrang ini sampe bisa mesam-mesem) waktu membaca senda-guraun, dagel-dagelan kaliyan semua. Saya bisa membayangkan kaliyan semua padha jejeran, ngopi, apa nyarap, apa madhang, apa nyore, semuanya dalam environment yang saling memperhatin, ramah akrab dan kekeluargaan. Membacanya bisa 'njawikan' diri saya, yang terus terang aja ngaku 'the last of the Javanese' dari keluarga besar almarhom Mbah Tir yang datang dari Pati entah kapan jamannya.

Ya Mas, makasih karena ngusul saya menganggotai Group Banyumas. Ternyata kan saya udahpun seorang dari kaliyan anggota group itu, walaupun saya dari Kuala Lumpur. Sampeyan mau nanya, trus kapan mau mulai ngepos ke group? Wah kalau itu lain lagi Mas! Pakdhe mu ini mindernya masih buuanyak. Ngoko-ngokoan aja bisa nyusahkan orang! Apa maning nganggo basa Banyumas. Iso semaput Mas..Mas.

Sampek ketemu maning. Assalaamualaikum.

Ali Rahmat said...

Terimakasih juga Pak De Karto.

Surat Pak De sempat saya postkan di Banyumas
Yahoogroups.com, mungkin Pak De juga udah baca di situ
Temen-temen saya sangat gembira namanya disebut sama
Pak De Karto. Terutama Yu Nur dan Kang Wied.

Pak De,

Kalau orang tua saya dua-duanya sudah meninggal. Ibu
saya namanya Muryati, meninggal ketika saya masih
kelas 2 SMP, sementara Bapak saya meninggal kurang
lebih 3 tahun yang lalu karena sakit stroke.
Jadi saya ini yatim piatu Pak De.

Mengenai pertanyaan Pak De, kalau kita berbicara
dengan orang lain daerah bagaimana? seperti misalnya
dengan orang dari Banyuwangi? Ya biasanya pake bahasa
daerahnya masing-masing. Tapi biasanya orang Banyumas
gampang menyesuaikan dengan orang dari daerah lain,
jadinya orang Banyumas biasanya yang ngalah pakai gaya
bahasa lawan bicaranya. Contohnya kalau berbicara
dengan orang Yogya, biasanya jadi agak-agak bandek
he,,he,,he,,,,

Pak De, sekali-kali kalau Pak De sudah masuk ke
Yahogroups Banyumas, cobalah posting, supaya
temen-temen saya yang di sana juga tau. Insya Allah
nanti tak bantu mengenalkan sama temen-temen.

Itu aja dulu ya Pak De, ma'af mbales emailnya agak
telat

Salam,
http://www.ali2000.itgo.com

Ali Rahmat said...

Waalaikum salam Wr.Wb. Mas Purwito. Waduh saya minta maaf sekali, soalnya baru hari ini saya buka2 file lama dan ternyata ada Mas Purwito di sini. Iya usule apik, Aku uga seneng sama cerita Peang-Penjolan tapi belum sempat ini bikin cerita2 lucu kaya Peang Penjol. Terus soal teman di STM Bunda Satria aku nggak ada yang kenal soalnya aku lulusan SPGN Purwokerto. sekian saja dulu, salam buat keluarga di Indramayu,,,